Ini Dia Teknik Menyambung Kabel Dengan Benar

Teknik Menyambung Kabel Dengan Benar

Untuk memulai instalasi listrik, kita perlu keterampilan penyambungan kabel, tentu ada beberapa keahlian yang perlu kita pahami terlebih dahulu dan salah satunya cara menyambungkan kabel secara sederhana. Umumnya, kita mungkin tahu dan pernah melihat cara menyambungkan kabel. Akan tetapi, tak semudah membalikkan telapak tangan, terbukti ada beberapa metode penyambungan kabel listrik yang harus kita ketahui.

Teknik-Teknik Menyambungkan Kabel

1. Sambungan Bolak Balik

Teknik penyambungan kabel dengan metode sambungan bolak balik, dengan cara mengupas kedua inti kabel dari lapisan isolasinya, yang mana salah satu kabel dipotong kurag leih sepanjang 3 cm, dan kabel satunya lagi dikupas sepanjang 8 sampai 10 cm. Kedua ujung kabel yang telah dipotong siap kita sambungkan.

Hal pertama yang dilakukan yaitu kabel kita posisikan menyilang membentuk seperti huruf X dengan kedua ujung kabel dibuat sejajar sama panjang (alhasil kabel yang dipotong panjang akan lebih panjang didaerah pangkalnya yang dikupas). Kemudian menyilang seperti huruf X, kedua ujungnya diputar dengan arah berlawanan secara bersamaan.

Selanjutnya dipuntir, maka akan tersisa bagian inti dari kabel yang panjang masih belum terlilit. Alhasil, bagian pangkal yang panjang tersebut kita lengkungkan secara berlawanan sekitar 180 derajat hingga menyerupai sebuah garis lurus. Lalu bagian pangkal yang sudah dilengkungkan berlawanan tersebut. Dipuntir lagi pada kedua ujung kabel yang sudah putar pada bagian sebelumnya.

2. Sambungan ekor babi (Pig Tail)

Metode ini adalah salah satu jenis sambungan kabel yang sederhana. Metode menyambung kabel dengan ekor babi merupakan yang paling mudah dan yang paling cepat. Terbukti hampir sebagian orang menggunakan metode ini.

Pertama siapkan kedua kabel yang ingin disambung, lalu masing-masing kabel dipotong lapisan isolasinya hingga sekitar 2 atau 3 cm hingga hanya tampak bagian inti kabel. Cara menyambungkannya adalah dengan mempertemukan kedua inti kabel yang akan disambung, dipertemukan secara menyilang.

Selanjutnya ujung kedua inti kabel itu disambungkan memutar hingga beberapa kali sampai kedua kabel yang terpisah tersebut menyatu dan sulit terlepas setelah diputar. Akibat gerakan memutar yang melingkar, alhasil menyebabkan kabel ini memiliki lingkaran seperti ekor babi. Rangkaian ini adalah metode sambungan kabel yang paling sering dilakukan.

3. Sambungan Britania

Teknik penyambungan kabel Britania, biasanya dilakukan pada kabel dengan ukuran diamter yang lebih besar, yang mana biasanya kita agak sulit memuntir inti dari kabel yang bakal kita sambung. Pertama-tama kedua kabel kita kupas bagian isolasinya sampai tampak bagian intinya. Disisi lain kita menyiapkan potongan kabel sekitar beberapa sentimeter yang telah dipotong hingga hanya tersisa intinya saja yang bakal digunakan sebagai lilitan pengikat.

Untuk kedua kabel yang akan dirangkaikan dibuat sedikit melengkung ujungnya, lalu dihempitkan secara berlawanan, sampai bagian bengkoknya secara berlawanan menghadap keluar. Selanjutnya kita tempatkan inti kabel yang sebagai lilitan pengikat tadi memutar dengan arah berlawanan secara berkeliling mengelilingi kabel yang didempetkan sebelumnya.

4. Sambungan Western Union

Cara penyambungan kabel dengan cara western union, hal pertama yang dilakukan adalah memotong lapisan isolasi hingga tampak bagian inti kabel agak panjang. Kurang lebih kita mengupas sekitar 5 hingga 7 cm. Selanjutnya kabel kita tempelkan secara menyilang seperti simbol “tambah” dimana ujung salah satu kabel terletak sekitar 2 cm dari ujungnya (titik persilangan tidak sama panjang).

Ujung kabel yang sepanjang 2 cm tadi kita putar dengan arah berlawanan sendiri melingkari kabel satunya hingga selesai dan membentuk seperti huruf Y. Lalu bagian kabel yang tersisi dari kedua yang berbentuk seperti huruf Y tersebut diputar secara bersamaan.

Sambungan ini termasuk sederhana untuk dipelajari, akan tetapi pengerjaan pemasangan instalasi, cukup memakan waktu, sehingga kurang diminati meski sederhana.

5. Sambungan bell hangers

Metode bell hangers adalah salah satu cara menyambung kabel dengan cara dipuntir. Pada cara ini, kita memotong lapisan isolasi kabel agak panjang. Kemudia dikupas, bagian inti dari kedua kabel yang bakal disambung di bengkokkan sepanjang kurang lebih 1,5 cm membentuk seperti huruf L. Setelah kedua kabel dibuat berbentuk huruf L, alhasil kedua kabel tersebut saling dikaitkan secara berlawanan. Kemudian ujung kedua kabel dipuntir hingga selesai.

Sambungan ini juga termasuk sedikit sederhana, Akan tetapi masih jarang menjadi pilihan saat digunakan dibanding dengan teknik penyambungan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *