Tagihan Listrik Kantor Membengkak? Lakukan 7 Tips Ini Agar Lebih Hemat!

Tagihan listrik kantor tempat anda bekerja meningkat setiap bulannya? Wah, hal tersebut tidak bisa dibiarkan, sebab pemborosan listrik pasti akan mempengaruhi pengeluaran perusahaan dan mungkin akan berdampak pada penunggakkan pendapatan atau tunjangan yang harusnya anda dapatkan.

Menghemat Listrik

Nah untuk menyelamatkan finansial kantor, di bawah ini kami memiliki beberapa tips yang bisa anda terapkan agar listrik kantor jadi lebih hemat. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, mari langsung saja kita scroll ke bagian bawah artikel ini!

7 Tips Menghemat Listrik Di Kantor

TIps-tips ini bisa anda aplikasikan ke kantor anda, baik yang sedang mengalami masalah pembengkakkan tagihan listrik maupun yang tidak. Karena dengan kita menghemat listrik, kita bisa membantu dunia ini.

1. Perbaharui sistem pencahayaan di kantor

Salah satu sumber besarnya energi listrik di kantor adalah dari penerangan atau lampu. Nah agar penggunaan lampu dapat ditekan dan dikurangi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya yaitu seperti berikut:

  • Renovasi dan tambahkan jendela dan pintu kaca kantor pada setiap ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Hal ini perlu dilakukan agar anda tidak tergantung pada penggunaan lampu
  • Ganti lampu biasa dengan lampu LED yang dayanya lebih hemat 90%.

2. Perbaharui barang-barang elektronik

Agar tagihan listrik dapat dikurangi, perbaharui dan gantilah barang-barang elektronik kantor dengan tipe yang lebih hemat energi. Misalnya yaitu mengganti personal computer dengan laptop, memperbaharui printer jenis laser dengan ink jet printer, dan lain sebagainya.

3. Terapkan sistem paperless

Mencetak maupun memfotokopi dokumen dapat menghabiskan daya listrik yang lumayan cukup besar. Nah oleh karena itu, cetaklah dokumen secukupnya saja. Bahkan jika bisa terapkanlah sistem paperless dan gunakan e-file.

4. Matikan lampu ruangan yang tidak ditempati

Untuk meminimaisir pemborosan energi listrik, jangan lupa untuk mematikan lampu ruangan yang tidak ditempati atau jarang membutuhkan penerangan secara terus-menerus. Misalnya yaitu seperti ruang meeting,gudang, ataupun kamar mandi. Dan dengan menggunakan pintu kaca kantor, ruang yang ada di sebelahnya dapat berbagi cahaya meski ruang lainnya tidak menyalakan lampu.

5. Atur mode barang elektronik

Mengatur mode pada barang-barang elektronik mungkin merupakan cara penghematan listrik yang terdengar sepele. Tetapi jangan salah loh, cara ini lumayan dapat mengurangi listrik beberapa persen.

Misalnya yaitu seperti pengaturan pada desktop laptop. Dalam hal ini, anda sebaiknya mengubah fitur ‘screen saver’ dengan ‘hibernate’ atau ‘sleep’ bila laptop sedang tidak digunakan. Selain itu atur juga fungsi ‘energy saver’ pada printer dan mesin fotokopi.

6. Usahakan untuk menggunakan tangga

berjalan di tangga

Bila kantor anda berada di lantai yang tidak terlalu tinggi dan anda sedang tidak terburu-buru, pilihlah untuk menggunakan tangga daripada lift. Selain listrik menjadi lebih hemat, badan anda juga lebih sehat.

7. Atur AC pada suhu yang tidak terlalu rendah

AC merupakan salah satu barang elektronik di kantor yang pemakaiannya mengkonsumsi energi cukup besar, yaitu 50 hingga 70%. Nah oleh sebab itu agar daya listrik dari AC tidak terlalu besar, jangan atur pada suhu yang terlalu rendah. Gunakan, suhu 24 hingga 26o C yang cukup untuk melindungi anda dari rasa gerah.

Ternyata cara menghemat listrik di kantor itu mudah bukan? Anda bisa menerapkan salah satu atau beberapa tips yang paling tepat untuk diaplikasikan di kantor anda. Nah bila anda ingin menerapkan cara nomor satu di atas, segeralah cari tempat jual pintu kaca dan jendela yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *