Partisi Kaca Sebagai Pemanis Interior

Mengaplikasikan partisi kaca meupakan jurus yang sangat jitu jika lahan ruangan Anda terbatas. Sebagai penghias interior, partisi jenis ini juga memberi kesan lebar pada ruangan dan bentuk serta modelnya pun beragam.

Partisi Kaca

Kiat untuk menyiasati keterbatasan ruang adalah menghadirkan banyak cermin atau kaca transparan di dalam rumah. Salah satu bentuk yang sering dipakai untuk kaca ini adalah jenis partisi.

Partisi Bisa Untuk Pemanis Interior Lho!

Partisi kaca tempered merupakan salah satu ornamen yang sangat membantu untuk mendapatkan visual lebih pada suatu ruangan. Materialnya yang keras dapat membatasi dua area, dan tetap mendapat fungsi yang diinginkan. Penerapan partisi kaca dibedakan menjadi tiga kategori. Ketiganya diarahkan pada kebutuhan penghuni rumah.

Pintu kaca sebagai fungsi yang utama yaitu dikenal dengan istilah direct atau tembus, kaca yang digunakan polos tanpa penghalang sehingga baik audio, visual, maupun cahaya tetap bisa masuk.

Partisi kaca dengan fungsi ini, biasanya diletakkan di antara dua ruangan, misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga yang cenderung berdekatan atau bisa juga ruang makan dengan ruang keluarga.

Kemudian yang berikutnya adalah pintu kaca tempered semi tembus. Jenis ini juga terbagi atas dua. Jika yang Anda inginkan visual tanpa audio maka kaca yang digunakan harus tertutup rapat. Diusahakan tanpa celah karena dapat menyebabkan suara dari ruangan sebelah masuk.

Jika yang diinginkan audio tanpa visual, maka biarkan kaca tidak menutup rapat ruangan. Jadi, fungsinya hanya lebih ke pembatas saja, kaca yang digunakan bisa diberi in lay yaitu semacam pola mozaik tapi tanpa rangka.

Anda dapat juga menggunakan kaca cermin sehingga visualnya tidak menuju ruangan berikut akan tetapi terpantul ke objek pelihat. Jenis ini berguna saat penghuni  tidak ingin merasa tertekan dengan ornamen keras seperti tembok.

Aplikasinya terbilang mudah, akses ruang tamu dengan ruangan lain diberi pintu kaca  semi tembus yang ditempatkan sekitar satu meter setelah akses tersebut. Jadi, sirkulasinya tetap ada, walau harus sedikit berbelok. Fungsi ini juga dapat dimanfaatkan pada fungsi blocking.

partisi kaca pada rumah

Fungsi yang ketiga yaitu fungsi blocking adalah menutup secara total antara suara maupun visualnya. Material yang dipakai adalah cermin yang menutup secara keseluruhan. Model seperti ini dapat juga berfungsi untuk kontrol ruangan satu arah. Contoh aplikasinya seperti di kantor, ruangan manajer tidak dapat dilihat dari luar hanya satu arah saja dari dalam.

Untuk pengaplikasian di dalam rumah memang jarang, namun yang sering adalah untuk mendapatkan kesan luas meskipun tidak ada ruangan di belakang kaca tersebut. Atau ruangannya tidak mau terlihat sama sekali, misalnya kebetulan ruangan dapur yang di sebelahnya, atau kamar pembantu.

Jadi, untuk mengplikasikan partisi kaca pada rumah Anda, harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sekarang sudah banyak jasa pemasangan partisi kaca dan Anda pun dapat berkonsultasi mengenai ruangan mana yang ingin terlihat lebih luas. Dengan berbagai fungsinya, Anda dapat memilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pengaplikasian partisi pintu kaca akan menjadi pemanis interior pada rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *