4 Pilihan Rangka Plafon Akustik Beserta Keunggulan Masing-Masing

Keunggulan Masing-Masing Rangka Plafon Akustik

Sebagai salah satu bagian penting dari sebuah konstruksi bangunan, terutama rumah tinggal, plafon memang harus mendapat perhatian yang baik dalam instalasinya. Perhatian ini tidak hanya terbatas pada desain dan model luarnya semata, namun juga termasuk dalam hal material pembentuknya sendiri. Termasuk dalam hal ini adalah rangkanya, material lembar plafonnya, hingga cat yang digunakan untuk melapisi lembaran plafon itu kemudian.

Untuk material lembaran plafon, ada beberapa pilihan yang paling umum digunakan. Ada plafon dengan material triplek, GRC Board, Gypsum dan, yang terbaru adalah plafon akustik. Di antara 3 material lainnya yang sudah lebih umum dikenal, material akustik sebagai bahan utama plafon diklaim adalah yang paling baik, khususnya untuk dekorasi ruangan yang membutuhkan sistem kedap suara. Kemampuan material ini dalam meredam suara, menjadikannya sebagai pilihan utama aplikasi plafon untuk studio musik, ballroom, meeting room, atau pun yang lebih populer, gedung bioskop atau teater.

Jika material plafonnya sendiri terdiri dari empat macam yang sudah disebutkan tadi, maka rangka atau tulang yang menjadi penyangga lembaran plafon pun secara umum dikenal ada 4 macam. 4 macam rangka ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam pengaplikasiannya pada konstruksi sebuah bangunan.

Lantas apa sajakah keempat rangka plafon tersebut?  Mana pulakah dari keempat jenis rangka tersebut yang dianggap sebagai yang terbaik? Berikut ulasan lengkapnya buat anda.

4 Jenis Rangka yang Paling Umum Digunakan Untuk Plafon Akustik Atau Plafon Lainnya

Secara umum, rangka plafon yang paling dikenal luas penggunaannya dalam masyarakat adalah kayu. Material utama serbaguna ini telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pemenuhan kebutuhan sandang papan manusia. Apa saja kelebihan rangka plafon kayu dan apa jenis material selain kayu yang biasa digunakan sebagai rangka plafon? Berikut uraiannya;

Rangka Kayu dan Kelebihannya

Kayu mudah didapatkan dan cenderung memiliki harga yang murah. Tapi pada masa sekarang, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Beberapa jenis kayu terutama yang berkualitas tinggi semakin sulit diperoleh, dan jika ada harganya pun cukup tinggi. Namun demikian rangka plafon yang menggunakan material kayu memang lebih fleksibel dan mudah dikonstruksikan. Sementara kekurangannya sendiri, jika tanpa perlindungan optimal, material ini rentan lapuk atau dimakan rayap.

Keunggulan Masing-Masing Rangka Plafon Akustik

Rangka Besi Hollow Galvanis

Di antara semua rangka plafon berbahan besi hollow, tipe galvanis dapat dikatakan adalah yang paling ekonomis dan murah dari sisi harga. Ekonomis dan kompetitif dari sisi harga adalah keunggulan jenis rangka satu ini. Akan tetapi karena unsur pembentuknya 97% adalah besi, maka material hollow galvanis rentan terhadap korosi atau karat.

Rangka Besi Hollow Galvalume

Kandungan umum dari besi hollow galvalume adalah 55% coating alumunium, 43,5% besi, dan 1,5% adalah silikon. Dengan kandungan seperti ini, besi hollow galvalume dapat dikatakan sebagai yang  terbaik dari sisi mutu dan kualitasnya. Komposisi ini membuat material galvalume sangat kuat dan anti keropos dan korosi.

Rangka Besi Hollow Gypsum

Untuk plafon akustik dan berbagai jenis material plafon lainnya, rangka besi hollow gyspum adalah yang paling banyak digunakan. Keunggulan utama dari rangka besi jenis ini adalah ringan, tahan lama dan juga kokoh. Satu-satunya yang menjadi titik kelemahan dari material besi hollow gypsum adalah risiko korosi yang mungkin saja dapat terjadi jika terpapar cuaca yang tidak stabil secara langsung. Namun dengan melapisi material ini menggunakan cat yang tepat, risiko itu umumnya dapat diminimalisir hingga 75%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *